Indonesia Internet Governance Forum, “Transformasi Digital: Siapkah Indonesia?”

Indonesia Internet Governance Forum, “Transformasi Digital: Siapkah Indonesia?”

Indonesia Internet Governance Forum (ID-IGF) tahun ini melaksanakan Dialog Nasinal pada hari Jumat, 27 Oktober 2017 di Jakarta dengan tema “Transformasi Digital: Siapkah Indonesia?”.

Bu Helni Mutiarsih Jumhur diundang sebagai Panelis dalam ID-IGF mengisi sesi dengan judul “Urgensi Perlindungan Data Pribadi dalam Membangun Ekonomi Digital Indonesia”. Dalam sesi ini hendak melengkapi pembahasan mengenai perlindungan data pribadi online yang sejauh ini telah mengambil sudut pandang hukum dan teknikal di Indonesia. Kedua sudut pandang menempatkan organisasi-organisasi terkait pada posisi yang diharapkan memenuhi kewajiban mereka di dalam mematuhi peraturan dan teknik perlindungan data peribadi digital. Akan tetapi, kedua sudut pandang ini belum bisa memposisikan perlindungan privasi digital sebagai suatu competitive advantage yang bisa ditawarkan sebuah organisasi kepada audiens potensialnya dan bahkan kepada ekosistem digital ekonomi.

Forum ini diikuti sekitar 500 peserta yang terdiri dari komunitas Indernet dan TIK Nasional, perwakilan dari berbagai Kementerian dan Lembaga, seperti Kementerian Kominfo, Kementerian Luar Negeri, Badan Ekonomi Kreatif, Dewan TIK Nasional, dan asosiasi-asosiasi terkait dengan TIK sebagainya.

Dialog nasional ID IGF 2017 akan menghasilkan masukan konsep dan tata kelola internet yang baik dan efektif di Indonesia, mengingat perlunya tata kelola internet di Indonesia yang lebih mandiri, berdaulat, profesional, transparan dan akuntabel yang dapat dihasilkan melalui dialog multistakeholder secara kolaboratif, egaliter dan inklusif. Disamping itu, juga diharapkan dapat melengkapi masukan bagi partisipasi Indonesia pada Internet Governance Forum Global 2017.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *