Klasifikasi & Keamanan Data Elektronik Untuk Pelayanan Publik

Klasifikasi & Keamanan Data Elektronik Untuk Pelayanan Publik

Saat ini masih banyak pihak yang belum paham mengenai pentingnya menjaga keamanan data. Klasifikasi data pun menjadi sangat penting untuk membedakan data yang dapat dikonsumsi oleh publik dan data yang harus dijaga kerahasiaannya. Data yang banyak jumlahnya juga perlu dibentuk dalam sebuah kumpulan data yang akurat dan terintegrasi. Hal inilah yang menjadikan dasar Dewan TIK Nasional (Wantiknas) untuk mengadakan workshop peningkatan kapasitas yang berjudul “Klasifikasi & Keamanan Data Elektronik Untuk Pelayanan Publik.

Pada workshop ini dihadiri oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Amazon Web Service (AWS) sebagai pembicara. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya menyelaraskan dan mengintegrasikan data yang ada di Indonesia.

Pada acara yang diselenggarakan pada tanggal 14 Mei 2018 ini terdapat 2 sesi yaitu workshop dan focus group discussion (FGD). Untuk memberikan pencerahan yang maksimal, FGD dibagi menjadi 3 sesi sesuai dengan kategori yang menjadi target dalam klasifikasi dan kemanan data elektronik.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *