Review Online Insentif Riset Sistem Inovasi Nasional

Review Online Insentif Riset Sistem Inovasi Nasional

Berikut adalah website seleksi program Insinas http://simlitabmas.ristekdikti.go.id/

Sistem Inovasi Nasional (SINas) merupakan suatu kesatuan fungsional yang saling berinteraksi dan bertujuan untuk mengembangkan inovasi nasional, meningkatkan kemampuan iptek, serta meningkatkan daya saing. Sebagai salah satu instrumen kebijakan di Kemenristekdikti, Program Insinas didedikasikan untuk mendorong dan menyiapkan riset yang menghasilkan produk inovasi atau produk riset yang dapat dikembangkan lebih lanjut di industri melalui program PPTI.

Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) sejak tahun 2012 menyelenggarakan pendanaan riset yang dinamakan Insentif Riset SINas. Pendanaan ini dimaksudkan untuk penguatan Sistem Inovasi Nasional (SINas) melalui peningkatan sinergi, peningkatan produktivitas, dan pendayagunaan sumberdaya litbang nasional.

Program Insinas 2019 dikelola langsung oleh DPTI Ditjen Penguatan Risbang sebagai bagian yang terintegrasi dengan pendanaan riset yang lain (PPTI). Pengelolaan Program Insinas secara umum meliputi tahapan pengusulan, seleksi, pelaksanaan dan pelaporan. Secara keseluruhan semua tahapan dikelola melalui sistem informasi manajemen secara elektronik yang dapat diakses melalui http://simlitabmas.ristekdikti.go.id/.

Program Insinas terbuka bagi peneliti yang berasal dari lembaga/unit litbang dan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Pengusul dapat mengajukan proposal Program Insinas Riset Pratama yang kegiatannya dapat dilakukan secara individu, kemitraan, dan konsorsium.

Program Insinas yang diselenggarakan ini turut melibatkan Dr. Ashwin Sasongko Sastrosubroto sebagai Reviewer Kementrian Ristek Bidang TIK dan juga merupakan perwakilan dari Telkom University sebagai Chairman Research Center for ICT Business and Public Policy.

Dr. Ashwin Sasongko Sastrosubroto sebagai reviewer program Insinas ini mulai melaksanakan review insinas pada bulan januari 2020. Review dilakukan dengan menggunakan metode online. Para peserta program Insinas mengumpulkan proposal melalui website yang telah ditentukan. Kumpulan proposal-proposal yang mengikuti seleksi Insinas ini dikirim Kepada reviewer Kementrian Ristek Bidang TIK. Lalu akan di seleksi lagi hingga mendapatkan hasil akhir.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *